Sabtu, 25 Februari 2012

Peribahasa Dalam Bahasa Spanyol


Berikut ini adalah beberapa peribahasa dalam bahasa spanyol:
  • Juventud ociosa, una vejez trabajosa (Saat remaja santai, melelahkan usia tua)
Nikmati saja saat Anda masih muda, mungkin untuk istilah lainnya. Ini berarti bahwa ketika Anda tua, Anda tidak akan bisa tangkas seperti usia remaaja untuk melakukan apa yang menjadi keahlian Anda sekalipun. Setiap orang tua akan merasakan hal itu.
  • Acabándose el dinero, se rotura la amistad (Uang habis, persahabatan berakhir) 
Cari tahu siapa teman sejati Anda. Pada dasarnya banyak orang hanya mendekati Anda karena apa yang Anda tawarkan terhadap mereka. Contohnya untuk mengusir rasa kesepian, Anda memberikan mereka uang, perusahaan, mobil, pekerjaan. Sangat sedikit orang yang mencintai Anda apa adanya tanpa syarat.
  • Camaron que se duerme, se lo la lleva corriente  (Udang yang tidur, diambil oleh arus)
Jika Anda menunda suatu hal, maka Anda harus siap kehilangannya. Kadang-kadang ketika Anda menunda sesuatu terlalu banyak, maka kesempatan akan hilang dengan percuma.
  • El diablo sabe por viejo mas porque diablo (Para iblis tahu lebih karena ia sudah tua daripada karena dia iblis)
Ketika usia semakin bertambah, maka pengalaman pun akan semakin bertambah. Semakin hidup Anda bertambah semakin Anda belajar. Anda belajar sesuatu yang baru setiap hari. Semua ini dekat dengan arti dari pepatah. Kebanyakan orang yang lebih bijaksana dikarenakan mereka telah hidup lebih lama, bukan karena seseorang mendapatkan sebuah karunia kebijaksanaan.
  • En boca del mentiroso, lo cierto es dudoso  (Dalam mulut pembohong itu, tentu menjadi diragukan)
Jika Anda pernah berbohong sekali saja, mungkin orang lain akan berpikir untuk yang kedua kalinya untuk mempercayai perkataan Anda kembali, walaupun Anda mengatakan yang sebenarnya.
  • Un gato del agua escaldo fría huye  (Seekor kucing tersiram air panas dari air dingin mengalir)
Bila orang belajar pelajaran melalui pengalaman mereka pikir mereka tahu semua aspek dan sudut dari suatu pelajaran. Beberapa orang telah melihat tunawisma menggunakan uang untuk membeli obat sehingga mereka berasumsi bahwa semua tunawisma akan menggunakan uangnya hanya untuk membeli obat. Sama seperti kucing yang telah belajar bahwa air panas dapat menimbulkan luka bakar sehingga sekarang berpikir bahwa semua air akan menimbulkan luka bakar walaupun air itu dingin.
  • La mejor palabra es una que no quiero  decir  (Kata terbaik adalah salah satu yang tidak dikatakan)
Kadang-kadang yang terbaik adalah untuk tidak mengatakan apa-apa. Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang bagus untuk dapat Anda katakan.
  • Más vale poco y bueno que mucho y malo  (Perlu lebih sedikit dan baik daripada banyak dan buruk)
Sesuatu yang sedikit mungkin lebih baik daripada tidak sama sekali. Anda mungkin tidak memiliki banyak, tapi terlalu banyak bisa menjadi hal yang buruk. Terlalu banyak hal yang baik adalah sesuatu hal yang buruk. Contohnya modernisasi dalam segala hal.
  • Mejor solo que mal acompañado  (Lebih baik sendirian daripada ditemani buruk)
Lebih baik berjalan sendiri dibandingkan dengan teman yang tidak baik. Anda tidak akan pernah ingin berada di sekitar seseorang yang membuat Anda sengsara. Anda mungkin lebih suka menyendiri.
  • Poco a poco se va mucho más (Sedikit demi si kecil pergi jauh)
Lebih baik melakukan suatu hal kecil yang bermanfaat, sehingga akan mendapatkan hasil yang besar. Kerjakanlah tugas Anda sedikit demi sedikit, niscaya Anda akan melihat perubahan-perubahan kecil sehingga prestasi Anda akan bertambah dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar